Ketahuilah Cara Meningkatkan Daya Ingat otak dan Konsentrasi

Cara Meningkatkan Daya Ingat
Assalamualaikum. Mari ketahui Cara Meningkatkan Daya Ingat otak atau Konsentrasi Menurut islam, dan kesehatan (Kedokteran). Disini, kami tidak hanya membahas kaitan tips secara ilmu umum, melainkan juga akan melibatkan ilmu islami.

Berhubungan pada keumuman masyarakat yang mempunyai keluhan karena daya ingatnya menurun, maka lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu perkara yang menyebabkan daya ingat menurun.

Perkara yang menyebabkan turunnya daya ingat.

Seiring berjalannya waktu, terkadang kita mengalami peristiwa yang bisa mengakibatkan hal-hal yang mengganggu kinerja otak. Dan kinerja otak ataupun kemampuan otak untuk mengingat tidak jarang lagi yang mengalami penurunan dikarenakan
  • Pola Makan.
Makanan tidak hanya menjadi perkara yang menyebabkan kekuatan tubuh, melainkan juga mampu menyebabkan daya ingat meningkat atau bahkan sebaliknya (Menurun).

Dalam hal ini, kiranya perlu kita perhatikan betul-betul, agar kita tidak salah mengkonsumsi makanan yang mengakibatkan melemahnya daya ingat.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang kurang baik untuk kinerja otak.
  • 1. Keju yang diawetkan
Keju merupakan sumber protein dan kalsium, keju olahan seperti keju Amerika dan mozzarella tinggi akan lemak jenuhnya yang berpotensi meningkatkan risiko kehilangan memori.
  • 2. Daging olahan
Daging olahan, mengandung nitrosamin yang menyebabkan hati untuk memproduksi lebih banyak lemak, yang dapat membahayakan otak. Hal ini juga mengandung trans - fat yang dapat menghambat memori.
  • 3. Tahu.
Meskipun tahu dianggap sebagai makanan sehat dengan kandungan protein yang tinggi, juga memiliki efek buruk tertentu jika dikonsumsi setiap hari.
Menurut penelitian, orang yang mengkonsumsi lebih banyak jumlah olahan kedelai seperti tahu, berada pada risiko yang lebih besar dari demensia atau kehilangan memori ketika mereka semakin tua.
  • 4. Pemanis buatan
Menambahkan pemanis buatan dalam setiap makanan harian Anda, mengakibatkan efek negatif bagi tubuh. Pemanis buatan dikaitkan dengan berbagai penyakit seperti sakit kepala, depresi, penurunan berat badan dan mengurangi daya ingat.
  • 5. Makanan berwarna putih.
Makanan seperti roti putih, gula dan pasta yang tinggi karbohidrat beresiko menimbulkan penyakit gula darah. Tingkat gulanya yang tinggi adalah salah satu gejala dari alasan menurunnya tingkat daya ingat sesorang. Keterangan bersumber dari blog " wow Menariknya".

  •  Kurang Tidur.
Tidak hanya mesin yang memerlukan istirahat, tidak hanya elektronik yang membutuhkan istirahat, dan tentunya juga yang namanya otak pasti membutuhkan istirahat.

Manfaat dari tidur, itu tidak hanya dirasakan oleh badan, melainkan juga akan dirasakan oleh otak kita.

Jadi, luangkanlah waktu untuk memanjakan otak dengan cara tidur yang teratur, karena kekurangan tidur bisa menyebabkan sel-sel otak tidak berjalan secara normal.

  • Menggunakan Pikiran Walaupun sedang Sakit.
Pada point ini hampir sama dengan point "Kurang Tidur". Kita harus ketahui bahwa sesuatu yang dipaksakan akan ada dampak negatifnya.

Begitupun juga ketika kita memaksakan kinerja otak. Walupun pada intinya dari kemanfaatan otak, adalah untuk berpikir, namun akan berdampak negatif apabila kita terlalu memikirkan sesuatu dalam keadaan sakit.

Tapi sangat berbeda apabila kita sakit disebabkan banyak pikiran. Kalau kita sakit dikarenakan kepikiran sesuatu, itu bisa disebut dengan stres. Hehehe..

Sudah sangat jelas, kan ?. Perbedaan dari "Sakit karena terlalu berpikir, dan berpikir dalam keadaan sakit". Semangat dan semoga kesehatan kita diberikan keberkahan.

Sekarang baru membahas tentang cara meningkatkan daya ingatan otak, bukan kaki.

Pertama kita ketahui atau ingat-ingat terlebih dahulu apa yang menyebabkan pola pikir kita menjadi cupet, kelalenan (Pelupa).

1. Apakah kita sering melakukan sesuatu yang negatif ?
2. Apakah kita sering meninggalkan sesuatu yang bisa menyebabkan daya ingat meningkat ?
3. Ataukah kita sering memakan sesuatu yang bisa mengakibatkan daya ingatan menjadi kurang hebat ?.

Kiranya, dari tiga pertanyaan di atas memang perlu kita bahas, karena pertanyaan tersebut memang masih ada kaitannya dengan kinerja otak kita.

Dimulai dari pertanyaan yang nomor pertama.

Apabila ingatan kita ingin meningkat atau berkembang, jangan melakukan perkara yang negatif.

Perkara atau perbuatan yang berdampak negatif pada otak, itu berbeda dengan perkara yang berakibat buruk pada anggota badan, tangan, kaki, dll.

Kalau kita mau berbicara tentang sesuatu yang berdampak negatif pada anggota badan, tangan, dll, itu bisa diakibatkan karena kita melakukan hal yang membahayakan seperti bermain pisau, balapan, dan masih banyak lagi.

Berbeda lagi sesuatu yang berdampak negatif terhadap pola pikir kita. Keumuman dari perkara yang mengakibatkan rendahnya daya ingat, itu karena kita tidak mau belajar untuk selalu berpikir positif, dan tidak berusaha meninggalkan pikiran yang negatif.

Kesimpulan dari pembahasan ini, yaitu jangan biasakan otak kita berpikir yang negatif agar daya ingatan kita meningkat.

Untuk contoh pemikiran yang negatif, adalah kebanyakan angan-angan (Memikirkan yang jorok).
Jadi bagi yang terbiasa berangan-angan, mulai sekarang tinggalkan berpikiran jorok, mengkhayal, agar daya ingatan kita bisa tops markotop.

Dilanjutkan dengan pertama yang nomor dua.

Jangan meninggalkan kegiatan yang bisa mempertajam ingatan.

Apabila kita terbiasa meninggalkan kegiatan yang bisa mencerdaskan, memperbaiki ingatan otak, lama kelamaan bisa mengakibatkan pola pikir kita monoton, bahkan bisa mengakibatkan penyakit linglung (Pelupa).

Dengan itu, biasakanlah melakukan kegiatan yang bisa mempertajam ingatan. Berikut adalah beberapa kegiatan yang perlu kita coba, dan semoga bermanfaat.
1. Perbanyak Membaca.
Dalam kasus ini, sebenarnya masih umum, karena bisa mencakup dari semua kegiatan membaca. Baik itu membaca koran, membaca Alquran, bahkan sampai dengan membaca tulisan yang bisa merangsang nafsu (Porno).

Tapi mungkin kita sudah tahu maksud dari memperbanyak bacaan yang akan kita bahas. Yang kami maksud dari "Perbanyak Membaca", adalah membaca semua bacaan yang positif.

Berbicara mengenai tentang bacaan positif, kami di sini sangat merekomendasikan atau menyarankan untuk sering membaca Al-quran, karena banyak keterangan yang menjelaskan tentang kemanfaatan membaca Al-quran.
Seperti yang dikutip dari blog srikandipp.
Maka, Al-Qur’an tetaplah obat yang terbaik. Terapi dengan Al-Qur’an terbukti mampu meningkatkan kecerdasan seorang anak, menyembuhkan berbagai penyakit, dsb.
Ini dikarenakan frekuensi gelombang bacaan Al-Qur’an memiliki kemampuan untuk memprogram ulang sel-sel otak, meningkatkan kemampuan, serta menyeimbangkannya.
Selain itu, Al-Qur’an diturunkan dengan bahasa Arab, yakni bahasa yang memiliki nilai sastra yang tinggi, dan bahasa nomor satu yang paling sulit untuk dipelajari. Kita tahu, bahwa tidak ada satupun dari kita yang mampu menandingi keindahan bahasa Al-Qur’an.
Namun, tahukah Anda, bahwa ternyata jika kita mampu berbahasa Arab dapat memudahkan kita untuk menguasai bahasa asing lainnya? Anak-anak yang terbiasa membaca Al-Qur’an disertai dengan memahami maknanya, ternyata memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik daripada anak-anak lain.
Bahkan meski bahasa tersebut masih asing, ia tidak membutuhkan waktu yang lama untuk kemudian menguasainya, insya Allah.
2.  Olahraga Serta tidur yang teratur.
Manfaat dari kita keluar keringat karena berolahraga, itu akan berdampak postif terhadap kesehatan tubuh.

Bukan hanya itu. Ternyata ada kemanfaatannya pada pengoperasian atau kinerja otak tatkala kita olahraga. Dengan kita rutin melakukan olahraga, tentu akan secara otomatis peredaran darah akan berjalan dengan baik.

Baik darah-darah yang mengalir dianggota tubuh, tangan, dan lain-lain, bahkan sampai pada darah yang mengalir di saraf-saraf otak, akan berjalan secara normal, seimbang, dikarenakan olahraga.

Biasanya, kalau kita sudah melakukan olahraga akan merasa lelah. Dari sinilah manfaatkan rasa lelah tersebut untuk beristirahat, kemudian tidur.

Tapi ingatlah. jangan biasakan tidur dipagi hari, jangan biasakan tidur setelah sholat subuh, dan jangan biasakan tidur setelah sholat ashar (Sore hari).


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ketahuilah Cara Meningkatkan Daya Ingat otak dan Konsentrasi"

Post a Comment