apa sih manfaat atau fungsi internal link di postingan blog ?

Fungsi-manfaat-internal-link
Sebelum membuat link internal, apa manfaat internal link di postingan blog adalah sebuah pertanyaan yang pernah saya pendam. Namun, saya tidak membiarkan pertanyaan itu mengganggu pikiran, lalu saya mencari jawabannya melalui google.

Dan, setelah saya menemukan berbagai jawaban, ternyata kebanyakan dari jawaban itu hampir sama. Kemudian, kalau sudah sedemikian mungkin yang anda pertanyakan adalah :

Apa sih manfaatnya membuat internal link ?.

Tatkala anda mempunyai pertanyaan seperti di atas, mari kita saling berbagi pendapat mengenai manfaat link internal. Saya menggunakan kata "kita", karena pada pembahasan kali ini adalah tentang pengalaman yang belum tentu benar, dan mungkin sebuah pendapat yang tidak mempunyai referensi yang tepat.

Maksudnya seperti ini. Mereka ada yang berpendapat bahwa salah satu kemanfaatan internal link adalah untuk memperkuat serp, menurut saya, itu adalah suatu pendapat yang boleh dipercayai, dan tidak rugi juga apabila anda mengabaikan pendapat tersebut.

Mereka sah-sah saja apabila mempunyai pendapat seperti itu, karena sekali lagi, kita boleh berpendapat apapun selagi pendapat tersebut bersumber, atau pengalaman pribadi. 
(Apabila pendapat tentang pengetahuan selain agama. Kalau masalah agama, kita nggak boleh berpendapat semaunya, alias harus mempunyai referensi yang tepat dan akurat.)

Sekarang saya akan mengungkapkan sedikit argumen atau pendapat kaitan dengan manfaat internal link.

Melihat dari algoritma google saat ini.

Okey lah saya sependapat dengan mereka yang mempunyai kepercayaan bahwa internal link mampu memperkuat serp blog. tapi beda dengan waktu sekarang. ketika algoritma google fred belum muncul, mungkin internal link bisa memperkuat posisi artikel blog di halaman google.

Jadi, berhubungan sekarang kita sedang menghadapi algoritma tersebut, kita tidak boleh sembarangan menautkan internal link. Kenapa tidak boleh membuat internal link sembarangan di postingan blog ?.

Sebenarnya, jawabannya adalah cukup mudah yaitu tinggal baca di google tentang apa itu algoritma google fred, dan insya allah, anda akan mengetahuinya. Tapi, saya akan sedikit tuliskan sedikit tentang algoritma google fred.

Algoritma google fred, adalah algoritma yang mempertimbangkan kaitan letak internal link. Internal ink yang relevan dengan pembahasan, maka internal link tersebut di anggap link yang bagus, dan mampu memperkuat serp artikel blog di halaman google.

Begitupun juga kebalikannya. Apabila kita membuat internal link tapi tidak sesuai dengan pembahasan, maka internal link tersebut tidak berpengaruh baik pada artikel, bahkan bisa memperburuk posisi artikel di mesin pencari seperti google, bing, dll.
  • Kesimpulan.
Internal link yang mampu membantu artikel lain, adalah internal link yang relevan. Maka, buatlah internal link yang sesuai dengan topik pembahasan.

Semisal, anda sedang membahas tentang tutorial mempercantik tampilan blog seperti membuat garis tepi di blog, jadi buat link internal yang menuju pad artikel yang membahas tentang kecantikan blog.

Sedemikianlah yang dapat kami sampaikan, dan semoga bermanfaat. Wassalamualaikumwarohmatullohiwabarokatuh.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "apa sih manfaat atau fungsi internal link di postingan blog ?"

Post a Comment